0

 

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamuala’alaikum wr. Wb

 

1. Pengertian Console

Konsol adalah entri teks dan perangkat layar untuk pesan administrasi sistem, terutama dari BIOS atau boot loader, kernel, dari sistem init dan dari logger sistem. Ini adalah perangkat fisik yang terdiri dari keyboard dan layar. Sebelum pengembangan konsol sistem CRT, beberapa komputer seperti IBM 1620 memiliki mesin ketik konsol dan panel depan.

Konsol biasanya diakses dengan menekan tombol `backtick (sering juga disebut kunci, biasanya terletak di bawah tombol ESC) pada keyboard QWERTY atau pada keyboard AZERTY, dan biasanya tersembunyi secara default. Dalam kebanyakan kasus tidak dapat diakses kecuali diaktifkan oleh salah menentukan argumen baris perintah ketika meluncurkan permainan atau dengan mengubah satu file konfigurasi permainan.

Pada minicomputer tradisional konsol adalah konsol serial RS-232 serial link ke terminal seperti DEC VT100. Terminal ini biasanya disimpan di ruang aman karena dapat digunakan untuk fungsi-fungsi istimewa tertentu seperti menghentikan sistem atau memilih media mana yang untuk boot dari. Sistem midrange besar, misalnya orang-orang dari Sun Microsystems, Hewlett-Packard dan IBM, masih menggunakan konsol serial.

Pada instalasi besar, port konsol melekat pada multiplexer atau terhubung ke jaringan multiport server serial yang membiarkan operator menghubungkan terminal ke salah satu server terpasang. Hari ini, konsol serial sering digunakan untuk mengakses sistem tanpa kepala, biasanya dengan terminal emulator berjalan pada laptop. Juga, router, switch jaringan perusahaan dan peralatan telekomunikasi lainnya memiliki RS-232 port konsol serial.

Pada PC dan workstation, keyboard terpasang komputer dan monitor yang memiliki fungsi setara. Karena kabel monitor membawa sinyal video, tidak dapat diperpanjang sangat jauh. Seringkali, instalasi dengan banyak server karena menggunakan keyboard / video multiplexer (KVM Switch) dan amplifier mungkin video memusatkan akses konsol. Dalam beberapa tahun terakhir, KVM / IP perangkat telah tersedia yang memungkinkan komputer remote untuk melihat video output dan mengirim input keyboard melalui TCP / IP jaringan dan karena itu internet.

Beberapa BIOS PC, terutama di server, juga mendukung konsol serial, memberikan akses ke BIOS melalui port serial sehingga sederhana dan lebih murah infrastruktur konsol serial dapat digunakan. Bahkan di mana dukungan BIOS yang kurang, beberapa sistem operasi, misalnya FreeBSD dan Linux, dapat dikonfigurasi untuk operasi konsol serial baik saat bootup, atau setelah startup.

Hal ini biasanya dimungkinkan untuk login dari konsol. Tergantung pada konfigurasi, sistem operasi dapat mengobati sesi login dari konsol sebagai lebih dapat dipercaya daripada sesi login dari sumber lain.

 

2. Mengenal Console

a. Win32 Console

Win32 konsol adalah implementasi antarmuka pengguna teks dalam sistem Windows API, yang menjalankan aplikasi konsol. Sebuah konsol Win32 memiliki buffer layar dan input buffer, dan tersedia baik sebagai jendela atau di layar mode teks, dengan berganti-ganti tersedia melalui Alt-Enter kunci.

Konsol Win32 biasanya digunakan untuk aplikasi yang tidak perlu menampilkan gambar (tapi kadang-kadang menggunakan warna). Contohnya termasuk baris perintah alat antarmuka seperti interpreter command-line (misalnya, cmd.exe, Windows PowerShell, Korn shell) atau aplikasi antarmuka teks seperti beberapa file manajer dan editor teks (misalnya Far Manager, Midnight Commander, MS-DOS Editor)

Sebuah aplikasi konsol Win32 dapat berjalan dalam dua mode.

Salah satu modus tempat teks dalam jendela dan menggunakan rendering font sistem operasi ini. Dalam mode ini, interaksi aplikasi dengan pengguna dikendalikan oleh sistem windowing. Hal ini analog dengan aplikasi X Window System seperti xterm.

Dalam modus Win32 konsol layar penuh menggunakan mode teks hardware dan upload font raster ke adaptor video. Hal ini analog dengan sistem konsol teks. Layar penuh menggunakan Windows 'built-in driver VGA, daripada setiap driver grafis terinstal, kecuali pengemudi lain adalah VGA yang kompatibel. [1] Oleh karena itu, hanya mendukung mode teks VGA yang kompatibel, memberikan resolusi karakter maksimal 80 kolom dengan 28 baris [2] Ini berbeda dengan konsol sebanding dalam berbagai sistem operasi lain seperti Linux, yang mampu menampilkan resolusi yang lebih tinggi melalui driver yang berbeda. Sebuah aplikasi dapat langsung beralih antara kedua mode dengan Alt-↵ Masukkan kombinasi tombol. Teks dalam lingkungan sistem Unix-like biasanya tidak memiliki fitur tersebut.

 

b. Aplikasi Consol

Aplikasi konsol adalah program komputer yang dirancang untuk digunakan melalui teks saja interface komputer, seperti terminal teks, antarmuka baris perintah dari beberapa sistem operasi (Unix, DOS, dll) atau antarmuka berbasis teks disertakan dengan sebagian besar Graphical User Interface (GUI) sistem operasi, seperti konsol Win32 di Microsoft Windows, Terminal di Mac OS X, dan xterm di Unix.

Seorang pengguna biasanya berinteraksi dengan aplikasi konsol hanya menggunakan keyboard dan layar, sebagai lawan aplikasi GUI, yang biasanya memerlukan penggunaan mouse atau perangkat penunjuk lainnya. Banyak aplikasi konsol seperti interpreter baris perintah adalah alat baris perintah, tapi banyak berbasis teks antarmuka (TUI) program pengguna juga ada.

Sebagai kecepatan dan kemudahan penggunaan aplikasi GUI telah membaik seiring waktu, penggunaan aplikasi konsol telah sangat berkurang, tapi tidak lenyap. Beberapa pengguna hanya memilih aplikasi berbasis konsol, sementara beberapa organisasi masih mengandalkan aplikasi konsol yang ada untuk menangani tugas-tugas pengolahan data kunci.

Generasi aplikasi konsol disimpan sebagai fitur lingkungan pemrograman modern seperti Visual Studio dan NET. Kerangka pada Microsoft Windows karena sangat menyederhanakan proses belajar bahasa pemrograman baru dengan menghapus kompleksitas antarmuka pengguna grafis.

Untuk pengolahan tugas dan administrasi data komputer, ini merupakan lingkungan pemrograman tingkat berikutnya dari sistem operasi atau kontrol pengolahan data setelah scripting. Jika aplikasi hanya akan dijalankan oleh programmer sendiri dan / atau beberapa rekan, mungkin tidak ada kebutuhan untuk antarmuka pengguna grafis yang cukup, meninggalkan aplikasi lebih ramping, lebih cepat dan lebih mudah untuk mempertahankan.

 

c. Virtual Consol

Virtual Bonsole (VC) juga dikenal sebagai terminal virtual (VT) - adalah kombinasi konseptual dari keyboard dan layar untuk antarmuka pengguna komputer. Ini adalah fitur dari beberapa sistem operasi seperti UnixWare, Linux, dan BSD, di mana konsol sistem komputer dapat digunakan untuk beralih di antara beberapa konsol virtual untuk mengakses antarmuka pengguna yang tidak terkait. Konsol Virtual tanggal kembali setidaknya ke Xenix pada 1980-an.

Biasanya di Linux yang pertama enam konsol virtual menyediakan terminal teks dengan prompt login ke shell Unix. The grafis X Window System dimulai pada konsol virtual ketujuh. Di Linux, pengguna beralih di antara mereka dengan kombinasi tombol Alt ditambah tombol fungsi - misalnya Alt + F1 untuk mengakses konsol nomor virtual 1. Alt + perubahan Panah kiri ke konsol virtual sebelumnya dan Alt + Panah kanan ke virtual konsol berikutnya. Untuk beralih dari X Window System, Ctrl + Alt + karya fungsi kunci.

Kebutuhan untuk konsol virtual telah berkurang sekarang bahwa kebanyakan aplikasi bekerja dalam kerangka grafis dari X Window System, di mana masing-masing program memiliki jendela dan program mode teks dapat dijalankan dalam terminal emulator jendela. Jika beberapa sesi X Window System yang diperlukan untuk menjalankan secara paralel, seperti dalam kasus switching pengguna cepat atau ketika debugging program X pada server X yang terpisah, masing-masing sesi X biasanya berjalan di konsol virtual yang terpisah. GNU Screen adalah program yang dapat mengubah antara beberapa program mode teks dalam satu login tekstual. Ada juga kerangka kerja grafis lainnya seperti Y Window System, dan Fresco.

 

Program yang digunakan untuk mengakses konsol virtual biasanya meliputi:

  • chvt untuk beralih konsol virtual saat ini.
  • openvt untuk menjalankan sebuah program pada konsol virtual baru
  • deallocvt untuk menutup konsol virtual yang sedang tidak terpakai.

 

Program startx menjalankan X Window System pada konsol virtual baru. Ada juga program grafis lain yang bisa mulai dari konsol, seperti LinuxTV dan MPlayer. Program dapat mengakses konsol virtual oleh perangkat file khusus. Dalam mode teks, menulis ke file menampilkan teks pada konsol virtual dan membaca dari file teks mengembalikan user menulis ke konsol virtual. Seperti dengan terminal teks lain, ada juga urutan khusus escape, karakter kontrol dan fungsi termios bahwa program dapat digunakan, paling mudah melalui perpustakaan seperti ncurses. Untuk operasi yang lebih kompleks, program bisa menggunakan konsol dan terminal khusus panggilan sistem ioctl. Program grafis dapat menggunakan perpustakaan seperti DirectFB, DRI, SDL atau sebelumnya svgalib.

 

d. Consol Klasik

konsol klasik adalah sebuah kotak yang gulungan turun dari atas layar, dan ditemukan dalam permainan komputer yang paling. Gaya ini dipopulerkan dengan Quake (1996). Ada bentuk lain dari konsol:

  • Quake III Arena memiliki satu atau dua konsol, tergantung pada platform game yang dirilis untuk. Yang pertama adalah konsol internal, yang ada di semua platform. Yang kedua adalah konsol eksternal, diciptakan melalui Windows API. Fungsi pencetakan konsol mengarahkan untuk kedua, juga, kedua konsol dapat juga memiliki input teks kepada mereka. Konsol eksternal digunakan untuk dedicated server dan log startup mesin. Akhirnya, konsol eksternal juga digunakan untuk menunjukkan kesalahan dan menampilkan output debugging harus kecelakaan permainan.
  • Konsol gelap Engine menunjukkan output hingga 4 baris panjang dan diakses dengan menekan 3 tombol tertentu pada waktu yang sama.
  • Konsol Lithtech yang tidak memiliki output dan digunakan terutama untuk memasukkan kode cheat.
  • Konsol Sumber mesin adalah jendela dengan sendirinya.

Contoh perintah

  • sv_cheats 1: Digunakan untuk mengaktifkan menipu di mesin Quake atau permainan berbasis mesin Sumber.
  • god: Digunakan untuk beralih modus tuhan.
  • buddha: Serupa dengan modus dewa dalam Sumber game, di mana pemain bisa mengambil kerusakan turun ke kesehatan 1 tapi tidak mati.
    noclip atau hantu: Digunakan untuk beralih modus noclip.
  • fly: Serupa dengan modus noclip, pemain hanya dibatasi dinding dan batas-batas peta.
  • impuls 101: Digunakan untuk bertelur semua item dalam pertandingan di posisi yang tepat pemain sejenak untuk memberikan pemain setiap item dalam game berbasis Half-Life. Mirip dengan "giveall". giveall atau memberikan semua Memberikan setiap item dalam permainan.
  • addbots (nomor): Ketika AI bots yang tersedia, ini akan menambah sejumlah bot sama dengan jumlah diinput oleh pemain.
  • allammo: Memberikan pemain amunisi maksimal. membunuh atau bunuh diri: Menyebabkan pemain untuk mati, digunakan ketika seorang pemain terjebak selama pertandingan.
  • meledak: Dalam Sumber game, ini akan menyebabkan pemain untuk meledak. Left 4 Dead menjadi pengecualian, di mana meledak perintah yang digunakan untuk memicu serangan pada kematian Boomer prematur.
  • memberikan atau memanggil: Bila digunakan dengan nama entitas, memunculkan entitas di lokasi pemain.
  • berhenti: Quits pertandingan segera.

 

Post a Comment Blogger

 
Top