22

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 
Blog Si Taufik | IdeKU Untuk PLN,Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” itulah moto dari sebuah Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang bertugas dan mengurusi semua aspek kelistrikan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dari moto tersebut sangat jelas bahwa PLN hadir di tengah-tengan masyarakan Indonesia dengan membawa 4 (empat) misinya untuk membuat sebuah perubahan kepada sebuah kehidupan yang lebih baik, menerangi setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat.
 
PT PLN (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang saat ini dipimpin oleh Nur Pamudji, menggantikan Dahlan Iskan Dirut sebelumnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini didirikan pada tanggal 27 Oktober 1945 dimana tepatnya pada tanggal 27 Oktober 2014  PT PLN (Persero) akan memperingati  Hari Listrik Nasional yang ke-69.
 
 
Indonesia Masih Krisis Listrik -blogsitaufik.blogspot.com
Sumber  Gambar : www.dnaberita.com
 
 
 
IdeKU Untuk PLN|Diusianya yang telah cukup matang masih banyak tantangan-tantangan besar yang harus di hadapi dan dilalui oleh  perusahaan PT PLN (Persero), PLN telah mendistribusikan listrik hingga ke berbagai pelosok secara bertahab, walaupun beberapa bagian atau daerah terpencil belum sampai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sebabkan oleh berbagai faktor. PLN terus berinovatif untuk melayani negri ini, tapi apa daya jika peran penting dan tanggung jawab besar ini hanya di  emban oleh PLN sendiri, maka saya pun kurang yakin jika misi yang direncanakan perusahaan ini akan tercapai.

Misi PT. PLN (Persero)

  1. Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
  2. Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
  4. Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Hari Listrik Nasional -blogsitaufik.blogspot.comKita sangat mengerti bahwa kita tidak bisa terlepas dari listrik dan PT. PLN (Persero) memang memiliki peran yang sangat penting dalam hal tersebut, dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, dan memberikan kontribusi  besar dalam mendorong kegiatan ekonomi, tapi apakah semua itu telah tercapai dengan pemadaman tak menentu, pemadaman bergilir, kurangnya informasi ketika adanya pemadaman, dilain sisi merugikan pelanggan, kurangnya sosialisasi penghematan listrik bagi pelanggan, itulah sederet permasalah yang telah menjadi potret PLN, ironisnya ini juga terkadang masih terjadi di kota-kota besar, apakah kepuasan pelanggan akan tercapai? tentu jawabannya BELUM..!

Melihat dari sederet permasalahan yang ada, bagaimana caranya meminimalisir akan terjadinya masalah bukan bagaimana mengatasi masalah.! Bagaimana caranya listrik terus menyala hingga keseluruh pelosok-pelosok Indonesia.!? ini poin penting yang harus di pikirkan dan membuat sebuah analisa oleh perusahaan PT. PLN, PLN harus membuat sebuah inovasi baru dan langkah bijak dalam menompang kehidupan masyarakat untuk terus terang benderang. Saya mencoba menganalisa, mengamati dan mencerna apa sih yang membuat masalah-masalah seperti pemadaman tak menentu, pemadaman bergilir, kurangnya informasi ketika adanya pemadaman, yang dapat merugikan pelanggan, lebih parahnya lagi akibat sering adanya pemadaman listrik sering juga kita dengar dan bahkan kita menyaksikan langsung seperti rusaknya barang elekronik, ada rumah, gedung, ruko, tempat padat penduduk/kumuh dan lainnya terbakar, setelah di telusuri ternyata penyebabnya dari arus pendek atau konsleting, sangat disayangkan.

Saat ini kebutuhan akan listrik semakin bertambah, hal ini disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk yang makin tinggi, perkembangan yang cukup pesat di sektor jasa dan industri dan pembangunan sarana pemerintahan yang semakin meningkat. Disinilah peran masyarakat/pelanggan sangatlah penting dan disinilah peran penting masyarakat amat sangat dibutuhkan dalam mewujutkan 4 (empat) misi PLN sehingga “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” adalah suatu yang real dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

 

Aktifitas -blogsitaufik.blogspot.com

90% Aktifitas yang kita lakukan berkaitan erat dengan listrik

 

IdeKU Untuk PLNIdeKu Untuk PLN

Ini adalah moment yang saya tunggu-tunggu, rasanya sudah lama keinginan ini untuk saya sampaikan ke pada pihak pengelolan PT PLN (Persero), melalui moment lomba blog ini saya sebagai masyarakan Indonesia yang sekaligus juga sebagai pelanggan listrik PLN ingin menyampaikan beberapa poin IdeKU yang mungkin bisa menjadi bahan evaluasi kinerja ke depannya, ide ini mungkin sebagiannya telah di terapkan oleh PLN tapi kurangnya inovasi dan sosialisasi kepada pelanggan sehinngga informasi ini seperti terkubur, besar harapan dan doa semoga di usianya PT PLN (Persero) yang ke-69 memberikan sebuah perubahan nyata dalam mewujutkan “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik”.

Berikut adalah 3 IdeKU Untuk PLN :

  1. Inovasi

    PLN harus memiliki inovasi baru dan terbarukan dalam berbagai bidang, sumber daya dan infrastruktur, meliputi :

    1.1. Teknlogi 
    -PLN perlu membangun sebuah tempat riset dan merekrut staf ahli atau karyawan-karyawan yang memiliki tugas khusus dalam bidang IT untuk mengembangkan dan membuat terombosan baru pada teknologi-teknologi terkini, menjalin kerjasama dengan negara-negara maju yang telah melakukan inovasi terbaru dalam mengembangkan listrik dari berbagai sumber.

    -Inovasi dalam bidang mengsinkronasikan antara pulsa listrik (token) dan pulsa elektrik (seluler) menjadi satu kesatuan, sehingga pelanggan bisa melakukan transfer pulsa ke pulsa listrik dan bisa mengisi pulsa dengan kode voucher pulsa berbagai provider, sehingga memudahkan dalam pengisian token.

    -Mengembangkan lagi meteran Listrik Pintar dengan layar yang seukuran 5 inci dengan sistem toch screen, di meteran tersebut juga di lengkapi menu layaknya Smartphone tapi fiturnya khusus untuk listrik, seperti di gunakan pelanggan untuk mengirim saran, kritik dan komplain, dengan meteran tersebut pelanggan bisa menerima pesan langsung dari PLN baik itu berupa informasi pemadaman, kenaikan tarif dll, dengan meteran itu juga pelanggan bisa mendapatkan sms pemberitahuan jika pulsa token memasuki masa limit, disitu juga dilengkapi fasilitas tempat gesek kartu kredit sehingga pelaggan bisa membeli/membayar token secara mudah dan gampang. dll

    -Banyak desa atau daerah terpencil yang belum tersentu listrik disebabkan oleh berbagai faktor nah disini PLN perlu mengembangkan teknologi atau sistem yang dapat mendistribusikan energi listrik secara wireless atau tanpa menggunakan kabel, seperti yang selama ini diperkenalkan oleh telepon-telepon seluler dengan charnger pengisisan batre tanpa kabel atau disebut secara wireless.

    -PLN juga menyediakan voucher token khusus kepada pelanggan yang mendapatkan subsidi dengan memberikan kode khusus pada meteran Listrik Pintar sehingga kode voucher tersebut hanya dapat digunakan oleh pelanggan yang mendapatkan subsidi.

    -Dalam bidang teknologi PLN harus lebih maju dalam menggunakan segala sumber daya yang tersedia di Indonesia sebagai roda dalam penggerakan kelistrikan tanah air ini, seperti mengolah dan menggunakan sumber daya uap bumi, angin, air , surya, sampah atau limbah dan lainnya yang dapat dijadikan sumber daya pembangkit tenaga lisrik, penyuplai arus listrik.

    -PLN juga perlu membangun sebuah Sistem Informasi Geografis (GIS) dalam memelihara dan mengawasi seluruh fasilitas dan infrastruktu yang ada, seperti pengecekan gardu secara berkala agar tidak terjadi kebarakan atau konsleting listrik seperti, dll

    -Terus mengembangkan dan membangun energi listrik ramah lingkungan seperti :
      > Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
      > Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
      > Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)
      > Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
      > Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)


    Pembangkit listrik ramah lingkungan -blogsitaufik.blogspot.com
    Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Angin, Sampah, Air dan Matahari.


    Bukankah negara kita memiliki hal tersebut?, tidak perlu melakukan dengan skala yang besar, cukup untuk mengatasi dimana kekurangan daya arus listrik atau daerah terpencil di indonesia  yang belum tersentuh oleh listrik saja terlebih dahulu. Lakukan secara bertahap dan merata, Insyaallah saya rasa Indonesia tidak akan lagi kekurangan pasokan listrik.


    1.2. Internet
    -Memberikan akses pembayaran pulsa token melalui Paypal.

    -Membangun Website/Situs khusus untuk memudahkan perusahaan dan pelanggan dalam hal sosialisasi berbagai informasi, disini juga PLN membangun sebuah kedekatan khusus dengan pelanggan dengan menerima kritik dan saran dari pelanggan.

    -Kalau bisa PLN juga membangun sebuah layanan SMS Geteway dimana pelanggan dapat mengecek/menerima informasi penting melalui sms seperti adanya pemadaman, pelanggan juga dapat mengakses dan mengecek sisa token dalam meteran, ini penting saya kira.



    1.3. Media Sosial (Sosmed)
    Perlu memaksimalkan lagi dalam memberikan informasi, seperti jika adanya pemadaman agar diberitahu jauh sebelum terjadinya pemadaman secara detail, memberi penjelasan mengapa terjadinya pemadaman agar pelanggan tidak kecewa dan mengerti, hal ini dapat di informasikan melalui situs sosial media baik itu Facebook, Twitter  maupun BBM. Disini PLN juga dapat membangun kehangatan dan kedekatan dengan pelanggan, sehingga kekecewaan pelanggan dapat diminimalisir.

    1.4. Aplikasi PLN
    Membangun sebuah Aplikasi khusus yang dapat diinstal oleh pelanggan di berbagai perangkat telepon seluler (HP) yang mendukung di Sistem Opersi (OS) Android dan Windows yang terintegritas dengan meteran listrik pintar, sehingga akan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan berbagai informasi penting, melalui aplikasi tersebut pelanggan juga dapat mengakses meteran seperti mematiakan arus listrik dari jarak jauh, sangat bermanfaat bila pelanggan lupa mematikan peralatan dalam rumah atau gedung bila berpergian, ini juga akan dapat menghematkan penggunaan listrik serta dapat meminimalisir akan terjadinya kebakaran. Aplikasi tersebut juga dapat berfungsi bagi calon pelaggan baru dalam mengajukan permohonan pemasangan listrik, dan bagi pelanggan lama bisa untuk transaksi pembelian token, pengecekan sisa pulsa dalam meteran, dll

    Smart Electric Solution -blogsitaufik.blogspot.com

    Gambar Illutrasi Smart Electric Solution (SES) yang dapat diakses/terhubung dengan berbagai macam gadget dan dapat menggunakan kartu kredit untuk membeli token langsung dari meteran

  2. Sosialisasi

    PLN memang sudah melakukan banyak sosialisi, tapi saya rasa itu masih sangat minim, ada hal yang perlu ditingkatkan lagi, juga sosialisasi yang dilakukan harus tepat dan memilki target.  mensosialisasikan akan betapa pentingnya listrik untuk kehidupan.

    Penghematan
    -Pentingnya meningkatkan sosialisasi penghematan listrik ketika beban puncak pada jam 18:00 sampai 22:00 malam dengan mematikan lampu atau fasilitas yang tidak atau kurang dibutuhkan melalui media sosial, iklan-iklan di Telivisi, Radio, Koran dan sebagainnya.

    -Dalam melakukan sosialisasi PLN juga haru mampu menberikan sosialisasi kepada Anak sekolah, sadar akan hemat listrik sejak dini, dengan mensosialisasi ke sekolah-sekolah sehingga dapat menciptakan generasi sadar akan penghematan listrik/energi. 

    -Memberikan sosialisasi kepada muda mudi melalui kuliah umum, seminar dan lain sebagainya, agar terciptanya sebuah gerakan peduli terhadap penghematan energi listrik dan menumbuhkan pribadi yang peduli terhadap sumber daya energi.

    -Instalasi dan perusahaan, memberikan penyeluhan agar menggunakan barang elektronik disaat dibutuhkan saja, memberikan pemahaman untuk membuat sebuah sistem penghematan listrik yang mampu menekankan penggunaan listrik bila tidak terpakai secara komputerisasi, dalam hal pembangunan juga harus bisa ditekankan penggunaan listrik seperti membangun gedung dengan atap yang bisa menampung tenaga surya menjadi listrik dan lain sebagainya.

    Desa
    Pentingnya mensosialisakan kepedesaan agar dapat menghemat penggunaan listrik dan membangun listrik mandiri dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

    Kecamatan/Kota
    Sosialisasikan penggunaan listrik yang aman di daerah pasar, pertokoan, pemukiman padat penduduk agar tidak terjadinya kebakaran, membangun infrastruktur dan fasilitas umum yang hemat listrik dan ramah lingkungan, seperti lampu jalan, halte menggunakan listrik tenaga surya. dll

    Tips dan Trik
    Mensosialisasi pentingnya akan menghemat listrik, seperti dengan menggunakan barang atau peralatan yang hemat listrik dan ramah lingkungan, memberikan pengetahuan cara meminimalisir penggunaan listri yang tidak terlalu penting, membangun rumah, kantor atau tempat lainnya dengan memberikan ruang pencahayaan memadai sehingga tak perlu menghidupkan lampu.

  3. Penghargaan 

    Setelah melakukan Inovasi dan Sosialisasi PLN dapat memberikan penghargaan kepada setiap Keluarga, Kabupaten/Kota, Provinsi yang dapat menerapkan apa yang telah di soslialisaikan, ini adalah wujud dari PLN sebagai ucapkan terimakasih kepada pelanggan yang telah mau bekerjasama dengan PLN dalam menggunakan “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik”  secara bijak.

    Penghargaan bisa dinilai dari berbagai sisi, seperti penghematan, pembayaran tepat waktu dan pemeliharaan fasilitas yang ada dalam lingkungan Rumah Tangga, Desa, Kabupaten/Kota dan Provinsi. Even ini dapat diselenggarakan setahun sekali bertepatan pada Hari Listrik Nasional.

    Penghargaan bisa diberikan dalam wujud piagam, gratis listrik atau token dengan masa atau jumlah tertentu, atau dalam bentuk beasiswa kepada anaknya, jika itu bagi kecamatan/kota atau provinsi bisa diberikan dalam bentuk piagam, pembangunan sarana/fasilitas umum, dan mendapatkan prioritas layanan. dll

 

Saran

Sebaiknya di lakukan pemadaman listrik di tengah malam bila ada pemadaman bergilir.
Berikan akses listrik gratis untuk orang yang tidak mampu dan layak menerima dengan daya listrik tertentu.
Berikan informasi penting tentang pengecekan kode penting di alat meteran listrik seperti contohnya cara mematikan alarm listrik ketika pulsa token limit.
Berikan penyuluhan untuk membuat listrik ke desa tertentu bila ada lahan yang berpotensi untuk membuat daya pembangkit lisrik
Tingkatkan jangkauan listrik di daerah terpencil

Saya rasa itu adalah hal yang mudah diterapkan oleh PT. PLN (Persero) sebagai perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan memperkuat dan menjalin kerjasama dengan berbagai elemen baik Pemerintahan, Instalasi, Perusahaan, LSM, dan Masyarakat.


Les't save electricity

  Ayo…! Jadilah Pribadi Yang Menggunakan Energi Listrik Secara Bijak


Demikianlah ulasan mengenai IdeKU Untuk PLN semoga dapat memberikan sebuah gambaran yang tepat dari IdeKu ini, memberikan sebuah kontribusi atau sumbangsih untuk menjadikan PLN sebagai sebuah perusaan yang di cintai oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” adalah sebuah gema yang sangat indah terdengar, PLN terus Bekerja… Bekerja… Bekerja..! Insyaallah. Di akhir ulasan ini saya ingin mengucapkan “Selamat Hari Listrik Nasional yang ke-69” teruslah melayani negriku dan menarangi ummat.

Saya juga ingin menyampaikan terimakasih untuk PLN dimana PLN telah terbuka dan mendengar suara blogger Indonesia dalam menerima kritik dan saran berupa ide dari penulis. Mohon maaf bila ada salah kata atau ada kalimat yang menyinggu, ini hanyalah kritik dan saran semata-mata saya mengunggkapkan adalah sebuah untaian untuk harapan kabaikan,tidak ada maksut lain, tidak lebih. I Love Indonesia.

Sumber Foto dan Referensi : http://google.comhttp://id.wikipedia.org, http://www.pln.co.id, https://www.academia.edu, http://tenaga-listrik-buatan.blogspot.com/, www.dnaberita.com, http://www.orbitdigital.net/, http://yusaksunaryanto.wordpress.com/.

Semoga Bermanfaat
“ Tinggalkan Sebuah Komentar Anda Berupa Kritik/Saran Yang Bersifat Membangun”

Wassalam

Post a Comment Blogger

  1. wah serius nih artikel sangat bermanfaat, apa lagi idenya sangat-sangat membangun :D... ane setuju banget PLN merekrut orang" yang spesialis IT untuk menangani masalah perkembangan IT, contohnya ya itu tadi pembuatan aplikasi PLN di android :D,,, ane yakin aplikasi itu bakal berguna banget buat masyarakat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cobt, semoga ide itu bisa diwujutkan yah.
      Terimakasih cobt,
      :)

      Delete
  2. wahh setuju banget kalo PLN buat aplikasi di android,jadi gak perlu repot-repot byar listrik nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cobt, dapat memudahkan pelaggan dalam berbagai transaksi, dan pengecekan serta mendapatkan informasi.

      Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  3. Kalau sy secara pribadi, struktur kepemimpinan di tubuh PLN juga harus dibenahi. Persoalan klasik dari uraian di atas kadang terkendala oleh pucuk pimpinan. Ada baiknya, pucuk pimpinan PLN atau seluruh BUMN di negeri ini adalah orang-orang piawai dibidangnya-profesional, bukan krn kedekatan atau unsur politis. Jadi bisa mengerti dan memahami langsung persoalan yang ada di instansi tersebut. Salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, itu adalah pokok utama dalam sebuah perusahaan, dimana perusahaan tersebut sangat bergantung dari siapa yang memimpin, yang memanage nya, karena bawahan hanya mengikuti intruksi saja, disinilah sikap dan dibidang profesionalnya sangat menentukan..

      Terimakasih atas tambahannya mas, kita semua berharap semoga PLN kedepannya bisa semakin baik dan terbaik. Aamin..

      Delete
    2. Sama-sama, Bang Rahmat. Semoga saja dengan Ide Bang Taufik dapat ditampung oleh pihak PLN dan tentunya bukan untuk semata-mata PLN, tetapi untuk seluruh rakyat Indonesia yang hidup lebih baik.

      Salam :)

      Delete
  4. idenya cemerlang banget mas, ini yang harus di wujudkan pln agar lebih maju kedepanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan, semoga aja PLN bisa terus berinovasi dalam berbagai bidang sehingga menjadikan perusahaan BUMN termaju di Asia, dan dunia.
      Insyaallah :)

      Delete
  5. WAH Idenya WOW..
    Perlu di Baca Para-Para Penguasa Di Indonesia ini dah..

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Terimakasih cobt, terimakasih support nya :)

      Delete
  7. ane setuju gan , itu tuh yang ane selama ini pngen ajuin eeeh taunya udah keduluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Terimakasih cobt, kalau ada ide baru di tambahin aja siapa tau ide nya lebih Wew dan bisa di terima oleh PLN dalam memajukan listrik di Indonesia :D

      Delete
  8. Setuju Banget sOB....

    Www.Mozz4rt.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Dari setiap IDE, pengalakan penghematan listrik harus di tekankan gan taufik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cobt, itu poin penting dalam mewujutkan energi yang berkelanjutan, yaitu dengan cara menghemat pemakaian...

      Delete
  10. artikel ini sangat menarik dan menginspirasi.

    Ternyata banyak sekali ya masukan dari blogger untuk membuat PLN lebih baik.

    Postingan ini diikutkan lomba blog Ideku untuk PLN ya?

    Good luck ya

    http://antie.info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih cobt,
      artikel ini saya ikot sertakan dalam lomba blog Ideku untuk PLN.

      Semoga masukan-masukan yang bagus yang di utarakan oleh para Blogger kiranya dapat terealisir dan menjadikan PLN lebih maju dalam membenahi setiap kegiatan kelistrikan...

      Delete

 
Top