5

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamu’alaikum Wr. Wb 

QR Code -blogsitaufik.blogspot.com

Blog Si TAufik | Kelebihan dan Kekurangan QR Code. QR Code  adalah kode matriks bentuk evolusi dari kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi, QR Code diciptakan oleh perusahaan asal Jepang yang bernama Denso-Wave yang di publikasikan pada tahun 1994. Kode ini di ciptakan Denso-Wave dengan tujuan utama agar khalayak ramai dapat memperoleh informasi dengan cepat dan tepat. Maka dari itu Code ini di beri inisial QR yang merupakan singkatan dari “Quick Response”. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510.

Bacalah…! Artikel Terkait :  Mengenal QR Code

Kesempatan ini saya ingin share beberapa kelebihan dan kekurangan QR-Code, dibandingkan dengan Barcode, QR Code memiliki jauh lebih banyak kelebihanbya antara lain adalah :

Kelebihan QR Code

Untuk teknologi QR Code saat ini mempunyai kelebihan. Beberapa Kelebihan QR Code antara Lain :

  1. Efisiensi Waktu, karena membuat khalayak mendapat informasi yang lebih cepat.
  2. Kapasitas data yang lebih banyak dimana pada Bar Code hanya bisa menyimpan maksimum 20 digit data sedangkan pada QR Code bisa menyimpan sampai ratusan data.
  3. Tipe Data yang disimpan oleh QR Code juga beragam mulai dari angka, huruf bahkan sampai huruf Jepang seperti Kanji, Hiragana dan Katakana.
  4. Ukuran cetak untuk QR Code jauh lebih kecil karena QR Code dapat menyimpan data baik secara horisontal (barcode), QR Code juga menyimpan dalam bentul vertikal.
  5. Hasil cetakan di QR Code lebih tahan terhadap kerusakan seperti debu sampai robek bahkan data di QR Code masih bisa dibaca walaupun sebagian kode sudah rusak atau robek (maksimum tingkat kerusakan 30%).
  6. QR Code dapat dibaca dari segala arah atau sudut (360 derajat) sehingga kemungkinan gagal dalam membaca QR Code sangat kecil.

 

Kekurangan QR Code

Untuk teknologi QR Code saat ini, QR Code mempunyai kekurangan. Beberapa kekurangan QR Code antara lain (Sulistyo 2010) :

  1. Masih Harus menggunakan pemindai untuk mengetahui isi dari QR Code tersebut.
  2. Kualitas pemindaian bergantung pada ketajaman alat pemindai.
  3. QR Code sangat sulit terbaca apabila ukuran mengalami penyusutan.


Sekian ulasan mengenai Kelebihan QR Code dan Kekurangannya, baca juga materi kuliah lainnya yang mungkin bisa bermanfaat untuk cobt, dan jika bermanfaat mohon untuk menyebarkannya ke teman-teman cobt lainnya melalui  sosmed di bawah ini, jangan diam saja sempatkan diri cobt untuk menyampaikan sepatah kata baik itu kritik dan saran ataupun what ever you would, please talk a word! Terimakasih.

Semoga Bermanfaat
“ Tinggalkan Sebuah Komentar Anda Berupa Kritik/Saran Yang Bersifat Membangun”

Wassalam

Post a Comment Blogger

  1. Wah baru tau nih gan kelebihan dan kekurangannnya, tapi bahaya gk ya klo dijadiin buat bahan hacking ?

    ReplyDelete
  2. sebenarnya qr code itu bagus ya ... :) kerumitannya hebat

    ReplyDelete
  3. Benar sekali gan, QR code biasanya masih kekurangan alat scannernya. Terkadang memang tergantung dari kualitas scannernya agar dapat terbaca..

    ReplyDelete

 
Top