0

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamu’alaikum Wr. Wb 

QR Code Blog Si TaufikBlog Si TAufik | Mengenal QR-Code, Pengertian QR Code, Funsi QR Code. Salam sejahtera cobt si taufik, semoga sukses terus dalam mengarungi impian dan menggapai cita-cita, kesempatan ini admin akan mengulas mengenain QR Code, ini juga merupakan bahan persiapan Tugas Akhir (TA) admin.

 

Sebagaiman kita ketahui kecanggihan teknologi di era sekarang ini sungguh luar biasa, segala hal di ciptakan manusia dengan fungsi yang menakjubkan tentunya untuk mempermudah manusia itu sendiri dalam berbagai hal ataupun kepentingan dalam manajemen kehidupan, seperti QR Code yang kita bahas ini.

Pengertian QR Code

QR Code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang berevolusi dari kode batang satu dimensi dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai. QR Code dan Barcode -blogsitaufik.blogspot.com

QR Code merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula, berbeda dengan kode batang atau Barcode, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang. QR Code telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510.

 

Fungsi QR Code

QR Code berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring.

Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri QR Code untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia QR Code. Namun dalam hal ini QR Code juga bisa ditempatkan di billboard di pinggir jalan sehingga sambil lewat, orang bisa memindainya. QR code juga bisa ditempelkan di bus, mobil, kereta api, kartu nama, bahkan di topi atau t-shirt dll.

kompas -blogsitaufik.blogspot.comDi Indonesia QR Code baru digunakan sekitar awal tahun 2009 oleh surat kabar Kompas yang memasang kode QR ini dihalaman pemberitaanya. KOMPAS memanfaatkan QR Code untuk mempermudah para pembacanya dalam mengakses berita di web melalui ponsel dengan cara memindai QR Code yang telah ditanamkan “link”  URL, sehingga lebih spesisifik atau tepat langsung ke URL berita bersangkutan dan tidak perlu mengetik URL lagi juga mempermudah dan mempersingkat waktu serta efisiensi.

 

Struktur QR Code

QR Code adalah sebuah simbol matriks yang berbentuk struktur sel yang diatur dalam bentuk kotak.  Struktur QR Code dapat dilihat pada Gambar dibawah inni :

Struktur QR Code

image

Penjelasannya :

  1. Finder Pattern: tiga buah struktur identik yang terletak di setiap pojok QR Code kecuali pojok kanan bawah berupa matriks 3x3 dari modul hitam yang dikelilingi modul putih kemudian modul hitam lagi untuk mendeteksi posisi QR Code.

  2. Alignment Pattern: Pola untuk mengoreksi distorsi dari QR Code.

  3. Timing Pattern: sebuah pola untuk mengindentifikasi koordinat sentral dari setiap sel pada QR Code dengan pola hitam dan putih yang disusun secara bergantian.

  4. Quiet Zone: Spasi yang diperlukan untuk membaca QR Code. Quiet zone ini memudahkan simbol terdeteksi dari sebuah gambar menggunakan sensor CCD.

  5. Data Area: Data dari QR Code akan disimpan atau di-encode di dalam data area. Sel hitam pada QR Code merepresentasikan angka biner

Sampai disini dulu cobt perjumapaan kita dalam ulasan mengenai Mengenal QR-Code, baca juga materi kuliah lainnya yang mungkin bisa bermanfaat untuk cobt, dan jika bermanfaat mohon untuk menyebarkannya ke teman-teman cobt lainnya melalui  sosmed di bawah ini, jangan diam saja sempatkan diri cobt untuk menyampaikan sepatah kata baik itu kritik dan saran ataupun what ever you would, please talk a word! Terimakasih.

Semoga Bermanfaat
“ Tinggalkan Sebuah Komentar Anda Berupa Kritik/Saran Yang Bersifat Membangun”

Wassalam

Post a Comment Blogger

 
Top