0
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Data Flow Diagram (DFD)

 

Data Flow Diagram (DFD)

TeukuTaufik.com | Conolly (2005:20) Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu pemodelan dari basisdata relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya yang menjelaskan data antar data, yaitu dengan menuliskan dalam cardinality.

Data Flow Diagram (DFD) memungkinkan professional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data. DFD juga sering disebut dengan model proses, diagram alur kerja. Diagram ini lalu "dikembangkan" untuk melihat lebih rinci sehingga dapat terlihat model-model yang terdapat di dalamnya. Ritonga (2011) DFD memiliki empat komponen, yaitu:

  1. Terminator
    Terminator mewakili entitas eksternal yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan. Biasanya terminator dikenal dengan nama entitas(eksternal), sumber atau tujuan (source and sink). Dalam hal penamaan pada terminator, biasanya menggunakan kata benda.
  2. Proses
    Komponen proses menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasi kan input ke output. Pemberian nama pada komponen proses menggunakan kata kerja yang membutuhkan subyek (transitif).
  3. Data Store
    Data store digunakan untuk membuat model sekumpulan paket data. Data Store biasanya berkaitan dengan penyimpanan seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan, baik secara komputerisasi, misalnya file hardisk, maupun manual, misalnya nama dan alamat pada buku alamat. Nama yang diberikan pada data store biasanya menggunakan kata benda jamak.
  4. Alur Data
    Alur Data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau satu paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya. Biasanya pemberian nama pada alur data dilakukan dengan menggunakan kata benda.

Adapun simbol-simbol data flow diagram dapat dilihat di bawah ini:

No

Simbol

Keterangan

1.

image

Entitas Luar adalah entitas yang berada di luar sistem yang memberikan data kepada sistem (source) atau yang menerima informasi dari sistem

2.

image

Proses menggambarkan apa yang dilakukan oleh sistem. Berfungsi mentransformasikan satu atau beberapa data masukan menjadi satu atau beberapa data keluaran sesuai dengan yang diinginkan.

3.

image

Alir Data menggambarkan aliran data dari suatu entitas ke entitas lainnya. Ada aliran data, yaitu:

·      Antara dua proses yang berurutan

·      Dari penyimpanan data ke proses dan sebaliknya.

4.

image

Data store adalah tempat menyimpan data yang dapat mengambil dari atau memberikan data ke data

Tabel 2.2 Simbol Data Flow Diagram

"Tinggalkan Sebuah Komentar Anda Berupa Kritik/Saran Yang Bersifat Membangun”

Wassalam

Post a Comment Blogger

 
Top